Mengenal Azure Active Directory dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Azure Active Directory (Azure AD) adalah layanan manajemen akses dan identitas berbasis cloud yang didukung oleh Microsoft. Layanan ini merupakan infrastruktur digital yang memungkinkan karyawan untuk dapat masuk dan mengakses sumber daya eksternal yang disimpan di Office 365 dan daftar aplikasi SaaS lainnya yang terus bertambah, serta yang disimpan di jaringan perusahaan atau intranet.

Kekuatan Azure AD terletak pada fleksibilitas yang diberikan padanya dengan sepenuhnya berbasis cloud. Ini berarti Azure AD dapat bertindak sebagai satu-satunya direktori organisasi, atau dapat disinkronkan dengan direktori lokal melalui Azure AD Connect.

Dengan Azure AD, pengguna lokal dan berbasis cloud dapat mengakses aplikasi dan sumber daya yang sama secara bersamaan dengan mendapat manfaat dari berbagai fitur yang ditawarkan seperti sistem masuk tunggal (SSO), otentikasi multi-faktor (MFA), akses bersyarat dan banyak lagi.

Azure AD memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya. Manfaat utama Azure AD sebagian besar terbagi dalam lima kategori berikut:

1.   Azure AD merupakan tempat untuk manajemen identitas dan akses

Azure AD adalah jantung dari IT pada sebuah organisasi. Azure AD dapat memberi satu tempat untuk mengelola identitas dan izin pengguna. Pengguna dapat menetapkan pengguna ke grup satu per satu atau menggunakan aturan yang didorong oleh atribut sehingga pengguna dapat menggunakan grup untuk menetapkan lisensi dan akses aplikasi. Dengan demikian, pengguna dapat memiliki semua kendali di satu tempat.

2.   Satu identitas untuk semua aplikasi

Meskipun identitas Azure AD  bagi pengguna sempurna untuk masuk ke aplikasi Microsoft, identitas ini juga sangat kompatibel dengan aplikasi yang dikembangkan di tempat lain. Dari 251 juta pengguna bulanan yang disebutkan sebelumnya, 44 juta di antaranya menggunakan Azure AD untuk mengakses aplikasi pihak ketiga secara teratur, menyederhanakan proses, dan meningkatkan produktivitas.

3.   Keamanan

Organisasi ingin melindungi sumber daya mereka dari bahaya yang berbahaya atau tidak disengaja—dan untuk melindungi penggunanya dari pencurian identitas. Azure AD mencapai tujuan ini dengan berbagai tindakan, termasuk kemampuan dalam deteksi ancaman, akses bersyarat, otentikasi multi-faktor, manajemen identitas istimewa (PIM), dan banyak lagi.

4.   Kemudahan penggunaan

Mendapatkan akses ke sumber daya harus mudah bagi pengguna Azure AD. Sistem masuk tunggal—menggunakan sistem masuk yang sama untuk Windows dan semua aplikasi yang ditawarkan—artinya lebih sedikit masalah dengan kredensial dan lebih sedikit tuntutan di meja bantuan IT sehingga memudahkan penggunaan.

5.   Kolaborasi

Azure AD memungkinkan pengguna untuk dapat mengundang pengguna eksternal (tamu) ke direktori mereka untuk menetapkan akses, sementara kredensial mereka dikelola oleh departemen TI organisasi mereka. Hal ini merupakan bentuk kolaborasi langsung dan mudah tanpa harus khawatir tentang siklus hidup pengguna yang dapat dilakukan antar pengguna secara bersamaan.

Azure Active Directory memberikan banyak manfaat untuk perusahaan. Fitur-fitur yang ada di dalamnya juga dirancang untuk meningkatkan produktivitas setiap staf dan memudahkan mereka untuk bekerja di mana saja.

 

azure solutions

Posted by / December 8, 2021
Posted in
news