Mengenal Cara Kerja Azure

Azure merupakan nama dari salah satu infrastruktur IT keluaran Microsoft, produsen perangkat lunak terkemuka dan terbesar di dunia. Meski telah banyak dipakai berbagai kalangan, mungkin masih sedikit yang mengerti bagaimana layanan berbasis cloud yang sarat manfaat ini bekerja.

Teknologi yang digunakan

Azure menggunakan Teknologi Representational State Transfer (REST), yang membuat proses komunikasi yang umumnya dilakukan lebih dari satu aplikasi kini bisa hanya memakai protokol HTTP. Sistem operasinya sangat ringan untuk dijalankan, tentunya dengan catatan koneksi internet dari provider yang dipakai harus benar-benar stabil.

Server cloud

Azure ditempatkan pada server cloud kepunyaan Microsoft yang berada di berbagai negara. Data dikirim oleh server cloud dengan sistem cloud computing lewat internet. Data-data yang tersimpan dapat dicadangkan nyaris dalam seluruh bahasa yang ada di dunia. Pengguna juga dapat mengakses data-data tersebut  dengan mudah dan cepat.

Komponen-komponen penting

Untuk dapat menjalankan fungsinya, setidaknya ada tiga komponen penting yang berperan dalam sistem kerja Azure. Ketiga komponen tersebut antara lain:

  1. Fabric

Komponen pertama ini menjadi yang terpenting dalam keseluruhan sistem karena merupakan otaknya atau bagian pengatur. Microsoft Azure Fabric Controller memegang peranan utama dalam proses manajemen, penjadwalan, dan pengalokasian resource.

  1. Storage

Komponen ini terdiri dari dua jenis, yaitu Azure storage dan SQL Azure. Azure storage bertugas menyimpan data-data yang bentuknya table, blob, dan cloud. Sedangkan SQL Azure tugasnya menyimpan berkas yang mempunyai eksistensi SQL Server. Dua jenis komponen tersebut berjalan pada cloud storage.

  1. Compute

Komponen selanjutnya terdiri dari worker role, web role, dan virtual role. Memiliki peran yang tidak kalah penting, yakni mengatur semua proses komputasi—termasuk komputasi background atau foreground.

Itulah sekilas mengenai cara kerja Azure yang didukung bermacam bahasa pemrograman, beraneka tools, dan framework yang beragam. Prasarana IT dengan layanan komputasi, networking system, storage atau ruang penyimpanan data, dan tools analisis, yang mampu melayani penggunanya selama 24 jam tanpa henti, setiap hari, serta dapat dikendalikan secara remote. Lebih dari sekadar menjalankan aplikasi yang sudah ada, layanan yang ditawarkan juga dapat digunakan untuk kebutuhan pengembangan aplikasi baru.

 

azure solutions

Posted by / December 13, 2021
Posted in
news