Mengenal Microsoft Azure dan Alasan Menggunakannya

Microsoft Azure adalah platform cloud computing yang dirilis pada 1 Februari 2010 lalu. Awalnya, platform ini dikenal sebagai Windows Azure sebelum berganti nama pada 25 Maret 2014. Cloud computing secara konsep adalah proses menyimpan serta mengakses data atau program dengan menggunakan jaringan internet. Aktivitas ini dapat dilakukan dari mana saja, perangkat apa saja, dan kapan saja.

Nah, salah satu teknologi cloud computing yang cukup banyak digunakan saat ini adalah Microsoft Azure. Layanan yang termasuk di dalamnya adalah Platform as a Service (Paas). Artinya, melalui Microsoft Azure, Anda dapat menyewa tempat dan lingkungannya, yaitu sistem operasi, database engine, network, dan sebagainya, untuk dapat menjalankan aplikasi yang dibuat.

promo azure

Layanan dari Microsoft Azure

Saat ini, Microsoft Azure menawarkan lebih dari 200 layanan yang termasuk dalam 18 kategori. Beberapa kategori utama adalah compute service, networking service, dan storage service. Apa saja layanan yang terdapat di dalamnya?

  • Compute Service

Dalam kategori compute service, ada layanan virtual machine, cloud service, service fabric, dan functions. Melalui Microsoft Azure, Anda dapat membuat virtual machine menggunakan sistem operasi Windows atau Linux. Keunggulannya, Anda bebas menambahkan atau mengurangi RAM dan storage.

Layanan cloud service dari Microsoft Azure juga akan mendukung dalam membuat aplikasi dalam cloud. Hasilnya tersimpan di cloud dan bisa dijalankan sesuai kebutuhan. Sementara itu, dalam layanan service fabric, Anda bisa mengembangkan micro service menjadi lebih sederhana. Micro service adalah aplikasi yang di dalamnya terdapat aplikasi-aplikasi lain dalam bentuk lebih kecil.

Functions adalah layanan yang berkaitan dengan pembuatan aplikasi menggunakan berbagai jenis bahasa pemrograman. Saat membuat aplikasi melalui Microsoft Azure, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hardware yang dibutuhkan.

  • Networking Service

Dalam networking service, ada yang disebut Azure CDN, yaitu layanan untuk mengirimkan konten web menggunakan bandwidth tinggi kepada seluruh pengguna di mana pun. Ada pula Express Route, yaitu layanan untuk menghubungkan on premise network pada cloud melalui koneksi privat.

  • Storage Service

Dalam kategori storage service, ada layanan disk storage, blob storage, file storage, dan queue storage. Sebagai layanan penyimpanan, Microsoft Azure menyediakan opsi HDD atau SSD dan bisa dioperasikan sekaligus dengan virtual machine. Sementara itu, dalam blob storage, data dalam jumlah besar serta tidak terstruktur bisa disimpan. File storage adalah layanan penyimpanan dengan protokol standar server message block (SMB).

Alasan Menggunakan Microsoft Azure

Mengapa harus menggunakan Microsoft Azure? Sejumlah alasan berikut dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

  • Keamanan Terjamin

Dengan menggunakan Microsoft Azure, Anda tidak perlu khawatir soal proteksi maupun privasi pengguna. Kedua hal ini sangat penting dalam aktivitas di dunia digital. Pasalnya, Anda akan memercayakan data pada cloud computing yang rentan diserang oleh ancaman berbahaya. Data center yang disediakan telah terbukti aman karena didukung kontrol yang ketat.

  • Layanan Fleksibel dan Transparan

Keunggulan Microsoft Azure lainnya adalah fleksibel. Aplikasi ini dapat mendukung berbagai sistem operasi, bahasa pemrograman, perangkat, tools, dan database apa pun. Dengan fleksibilitas tersebut, Anda akan lebih mudah dalam membangun infrastruktur IT di sebuah perusahaan. Di sisi lain, Azure juga menawarkan transparansi sehingga pengguna dapat melakukan review source code.

  • Mendukung Keputusan Terbaik

Alasan lain menggunakan Microsoft Azure adalah karena dapat mendukung perusahaan mengambil keputusan terbaik dalam bisnis. Hal tersebut dimungkinkan dengan adanya fitur Analytics Service atau Business Intelligence yang tersedia dan bisa digunakan secara optimal.

Jadi, Microsoft Azure dapat dimanfaatkan oleh pengguna perusahaan untuk mengembangkan bisnis dengan dukungan cloud computing. Menawarkan jaminan keamanan dan fleksibilitas, teknologi ini menjadi salah satu solusi masa depan bagi bisnis di dunia digital.

azure solutions

Posted by / March 26, 2021
Posted in
news