Microsoft 365 Enterprise dan Business, Apa Bedanya?

Ketika pertama kali diluncurkan, Microsoft 365 digadang-gadang sebagai salah satu langkah antisipasi karena banyaknya pengguna smartphone. Inilah mengapa salah satu produk Office terbaik ini dilengkapi dengan kemampuan integrasi antarperangkat (desktop dan smartphone) untuk memudahkan penggunanya.

Di antara keunggulan Office 365 yang membuatnya berbeda dari seri lain adalah software bisa digunakan dari beberapa perangkat yang berbeda selama semuanya login menggunakan satu akun. Ini berarti Office 365 sangat cocok digunakan untuk untuk kalangan bisnis.

Selain menawarkan paket Home dan Personal untuk penggunaan pribadi, Office 365 juga menawarkan dua paket untuk medium atau small business yaitu Microsoft Office 365 Enterprise dan Business. Lalu, apa perbedaan dari kedua paket tersebut dan kira-kira mana yang terbaik? Berikut ulasannya!

Microsoft Office 365 Enterprise

Tingginya kebutuhan akan efektivitas waktu dalam bekerja membuat Microsoft merilis paket Enterprise. Produk ini memang dibuat untuk memudahkan koneksi baik di antara karyawan maupun dengan pimpinan mereka. Harapannya, dengan menggunakan paket Enterprise, kinerja SDM perusahaan semakin meningkat.

Untuk mendukung tujuan tersebut, Enterprise hadir dengan beberapa fitur mulai dari fitur worksheet seperti Word, Excel, dan PPT; Email dan Kalender; Teams (untuk virtual workspace); Sosial dan Intranet; File Sharing dan Konten; Manajemen Kerja; Analitik; Manajemen Aplikasi dan Perangkat; Sistem Keamanan memadai; dan masih banyak lagi.

Semua fitur tersebut bisa didapatkan dan digunakan oleh semua karyawan dengan biaya langganan cukup terjangkau per bulannya. Di era digital seperti sekarang, menggunakan paket Enterprise untuk meningkatkan produktivitas kerja dan mendorong praktik kolaborasi merupakan solusi tepat.

Microsoft Office 365 Business

Dengan biaya langganan yang lebih terjangkau dari paket Enterprise, Microsoft Office 365 Business memiliki fitur yang hampir mirip. Paket ini juga menawarkan worksheet, Email dan Kalender, file sharing, Teams, dan beberapa fitur bisnis lainnya. Bedanya, jumlah pengguna dan kapasitas file sharing di One Drive terbatas.

Selain itu, paket Business membatasi jumlah pengguna dan perangkat sehingga lebih cocok untuk small business yang jumlah karyawannya tidak terlalu banyak. Seperti paket Enterprise, Business juga bisa diintegrasikan ke smartphone agar karyawan lebih produktif.

Soal keamanan, paket Business juga memiliki fitur keamanan lima lapis yang didukung teknologi canggih. Jadi, Anda tidak perlu khawatir terjadi kebocoran data. Microsoft 365 Business juga termasuk salah satu paket yang mudah dikelola dan digunakan sehingga tidak perlu ada teknisi IT khusus untuk memasang paket ini.

Baca juga : Microsoft 365 Versi Web dan Mobile, Apakah Berbeda?

Office 365 Enterprise VS Business

Jadi, manakah paket yang dibutuhkan perusahaan Anda? Sebagai referensi berikut tabel perbandingan fasilitas Microsoft Office 365 Enterprise dan Business sebagai referensi:

Fitur Office 365 Enterprise Office 365 Business
Word
Excel
PowerPoint
Outlook
OneNote
SharePoint
OneDrive
Teams
Exchange
Stream
Analitik Dekstop
Endpoint Configuration Manager
Windows Hello
Microsoft Advanced Threat Analytics
Device Guard
Microsoft Secure Score
Sway
Yammer
CDS Project Oakdale
Microsoft To Do
Windows Autopilot
Intune
Antivirus

Kesimpulan

Dari ulasan dan perbandingan di atas, dapat kita simpulkan bahwa baik paket Enterprise maupun Business sama-sama mendukung praktik kolaborasi kerja yang cukup efektif di era digital seperti saat ini. Keduanya juga memiliki keunggulan masing-masing sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Apapun paket yang dipilih, selama pilihan tersebut sesuai dengan skala, bujet, hingga kebutuhan perusahaan, pasti akan sama-sama menguntungkan. Apalagi jika kita mampu memaksimalkan penggunaan fitur-fitur yang ditawarkan. Hal terpenting adalah keduanya mampu meningkatkan produktivitas kerja dan membuat ruang kolaborasi semakin tidak terbatas.

Posted by / March 8, 2021
Posted in
news