Microsoft 365 untuk Keperluan Bisnis, Apakah Aman?

Penggunaan layanan berbasis cloud seperti Microsoft 365 memberi banyak keuntungan bagi pebisnis. Tool seperti ini memberi keleluasaan bagi para penggunanya untuk mengerjakan tugas dari mana saja. Namun, bagaimana tingkat keamanan data di layanan web apps milik Microsoft ini?

Faktor keamanan memang menjadi perhatian penting bagi pebisnis. Microsoft memahami kebutuhan ini. Oleh karena itu, mereka menyiapkan paket berlangganan khusus untuk pebisnis, yang terdiri dari Microsoft 365 Business Basic, Business Standard, dan Business Premium. Sebagai tambahan, ada pula opsi paket enterprise.

Fitur Keamanan Microsoft 365 Bisnis

Paket berlangganan Microsoft 365 Bisnis beda kalau dibandingkan dengan pemakaian untuk personal ataupun keperluan sekolah. Microsoft menyematkan fitur keamanan yang berguna untuk melindungi data penting milik perusahaan. Apa saja fitur-fitur keamanan tersebut?

1. Proteksi terhadap serangan cyber

Fitur keamanan pertama yang bisa Anda peroleh dari layanan berlangganan 365 untuk bisnis adalah perlindungan dari serangan cyber. Ada 3 fitur keamanan yang memberi Anda perlindungan terhadap serangan cyber di internet, yaitu:

  • Office 365 Advanced Threat Protection (ATP). Fitur ATP merupakan layanan pemfilteran email dari berbagai ancaman. Keberadaan fitur ATP mampu menurunkan risiko terjadinya serangan cyber secara signifikan. Apalagi, ada banyak ancaman serangan cyber yang berasal dari kiriman email, termasuk di antaranya adalah link berbahaya, ransomware, malware, virus, dan lain sebagainya.
  • Windows Defender. Selanjutnya, proteksi terhadap ancaman juga bisa Anda peroleh berkat keberadaan Windows Defender. Perangkat lunak yang satu ini merupakan layanan antivirus yang memberi perlindungan secara komprehensif, tidak hanya pada file, tetapi juga sistem serta aktivitas secara online.
  • Multi-factor authentication (MFA). Tidak hanya itu, Microsoft juga menyematkan perlindungan lain berupa MFA. Cara kerjanya mirip dengan two-step verification, yang meminta proses verifikasi berlapis kepada pengguna. Fitur ini bermanfaat untuk memastikan bahwa tidak ada pihak tak bertanggung jawab yang mengakses berkas Anda.

2. Perlindungan data

Selanjutnya, Microsoft memberi fasilitas perlindungan data yang meminimalkan terjadinya kehilangan berkas penting milik perusahaan. Ada 3 fitur perlindungan data yang bisa Anda peroleh saat menggunakan layanan Microsoft 365 untuk bisnis, yaitu:

  • Data loss prevention (DLP). Fitur ini bekerja dengan cara mengidentifikasi dan mengelola data-data yang sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor KTP, dan semacamnya. DLP bekerja dengan memastikan kalau tidak ada kesalahan yang mengakibatkan data sensitif itu dibagikan kepada orang lain.
  • Office 365 Message Encryption. Anda dapat mengatur akses terhadap pesan yang dikirimkan. Fitur enkripsi ini bisa Anda gunakan untuk berbagai layanan email, termasuk di antaranya adalah Outlook.com, Yahoo!, Gmail, dan lainnya.
  • Exchange Online Terakhir, Anda akan memperoleh solusi pengarsipan data online berbasis cloud.

3. Manajemen perangkat

Terakhir, Anda juga bisa memperoleh fitur keamanan di Microsoft 365 bisnis berupa fasilitas manajemen perangkat. Ada 4 cara yang bisa Anda lakukan berkaitan dengan pengelolaan perangkat yang terhubung dengan akun bisnis yang dimiliki, yakni:

  • Conditional access. Anda punya pilihan untuk mengatur akses dengan persyaratan tertentu untuk alasan keamanan. Sebagai contoh, Anda dapat mengatur pemakaian multi-factor authentication (MFA).
  • Mobile Device Management (MDM). Selanjutnya, pengelolaan bisa Anda lakukan dengan mengamankan akses dari perangkat mobil. MDM bekerja untuk segala jenis perangkat, termasuk di antaranya adalah iPhone, iPad, Android, serta Windows Phone.
  • Enkripsi BitLocker. Ada pula pertimbangan mengaktifkan enkripsi BitLocker. Penggunaan fitur ini sangat bermanfaat ketika Anda mengalami kehilangan sebuah perangkat.
  • Update otomatis. Terakhir, terdapat pilihan untuk memperoleh fitur keamanan terbaru dengan cara update. Saat proses update, maka setiap perangkat yang terhubung dengan akun Anda akan memperoleh pembaruan fitur.

Microsoft memberi perlindungan data secara berlapis kepada para pengguna layanan aplikasi online miliknya. Jadi, Anda tidak perlu ragu dengan keamanan data bisnis selama menggunakan Microsoft 365.

Posted by / February 17, 2021
Posted in
news