Microsoft 365 Versi Web dan Mobile, Apakah Berbeda?

Microsoft 365 menawarkan solusi bagi pekerja masa kini melalui berbagai fitur yang disediakan. Sebagai contoh, Anda dapat lebih mudah berkolaborasi dengan anggota tim lain dengan memanfaatkan Microsoft Teams. Bukan hanya mengobrol dalam grup, tetapi Anda juga bisa melakukan panggilan telepon atau mengadakan rapat dengan konferensi video.

Untuk mengakses Microsoft 365, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu melalui perangkat PC maupun laptop dan perangkat mobile. Keduanya menawarkan pengalaman yang berbeda bagi pengguna. Hal ini disebabkan tampilan versi web tidak sama dengan versi mobile.

Versi Web atau Mobile, Pilih Mana?

Mana yang lebih baik antara Microsoft 365 versi web maupun versi mobile? Sebelumnya, Anda perlu memahami perbedaan keduanya dari segi penggunaan. Seperti diketahui, perangkat mobile lebih unggul dari segi fleksibilitas karena mudah di bawah ke mana-mana. Sementara itu, pengalaman menggunakan versi desktop biasanya lebih memuaskan karena layarnya lebih lebar.

Fleksibilitas yang ditawarkan oleh versi mobile memungkinkan para pengguna dapat bekerja di mana saja dan kapan saja. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi, login ke akun Microsoft yang dimiliki, dan mulai melakukan aktivitas pekerjaan seperti biasa. Namun, pengguna juga dapat mengakses keduanya secara bersamaan, baik melalui perangkat komputer maupun perangkat seluler.

Baik Microsoft 365 versi web maupun mobile, keduanya didukung integrasi yang kuat dengan OneDrive. OneDrive merupakan layanan cloud storage yang aman dan hanya dapat diakses oleh orang-orang yang memiliki izin. Melalui OneDrive, pengguna bisa berbagi file ke berbagai perangkat maupun kontak lain tanpa harus repot memindahkannya.

Di sisi lain, Microsoft 365 versi dekstop membuat penggunanya lebih puas karena menawarkan tampilan layar yang lebar. Anda pun bisa menyelesaikan tugas, memantau obrolan grup, atau melakukan panggilan video dengan leluasa.

Perbedaan lain antara versi web dengan versi mobile terletak pada aplikasi Office yang bisa digunakan. Aplikasi yang bisa diakses oleh keduanya adalah Outlook, Excel, PowerPoint, Word, dan OneNote. Sementara itu, aplikasi yang hanya bisa digunakan di PC adalah Access dan Publisher.

Kinerja Optimal dengan Microsoft 365

Dua opsi yang tersedia bagi pengguna untuk mengakses Microsoft 365 bertujuan untuk meningkatkan produktivitas. Artinya, meskipun berada di luar ruangan tanpa fasilitas komputer atau laptop, pengguna tetap dapat bekerja. Nah, sebagai pelengkap, simaklah beberapa tips menggunakan Microsoft 365 berikut.

Baca juga : Microsoft 365 Dukung Komunikasi Bisnis Internal yang Optimal

  • Pasang Aplikasi di Perangkat Seluler

Masyarakat modern menggunakan perangkat seluler secara intens. Pergi ke mana pun, perangkat ini selalu dibawa. Bagi Anda yang tidak ingin ketinggalan informasi progres kerja tim saat berada di luar rumah, aktifkan aplikasi Microsoft 365 versi mobile. Di sini, Anda bisa memantau pekerjaan maupun ikut bekerja jika dibutuhkan.

  • Perhatikan Keamanan Perangkat

Anda perlu memperhatikan keamanan data pada perangkat mobile yang digunakan untuk mengakses Microsoft 365. Pasalnya, perangkat mobile berisiko lebih besar untuk hilang atau dicuri. Orang yang menemukan perangkat dapat mengakses informasi yang tersimpan dan berpeluang menggunakannya untuk kepentingan sendiri. Namun, Anda bisa memanfaatkan fitur Selective Wipe untuk menghapus data dari jarak jauh.

  • Manfaatkan Layanan Cloud

Bekerja dengan menggunakan dua perangkat sekaligus tentu merepotkan karena Anda harus memindahkan dokumen secara manual. Namun, berbeda halnya jika penyimpanan yang digunakan telah berbasis cloud service. Anda bisa mengakses data dengan mudah—baik dari laptop maupun perangkat mobile—dalam waktu yang cepat. Berpindah menggunakan perangkat yang satu dengan yang lain pun tak lagi sulit.

Jadi, baik perangkat mobile maupun perangkat komputer bisa dimanfaatkan untuk mengakses layanan Microsoft 365. Versi mobile yang diakses melalui perangkat seluler memiliki keunggulan dari segi fleksibilitas waktu dan tempat. Namun, perangkat komputer juga unggul, terutama karena menciptakan kenyamanan dan kepuasan dalam penggunaannya. Agar optimal, manfaatkan keduanya sesuai kondisi yang paling tepat.

Posted by / March 5, 2021
Posted in
news