Microsoft Mengakhiri Program Open License. Apa Pengaruhnya Bagi UMKM?

Pada akhir September, Microsoft mengumumkan bahwa mereka mengakhiri program Open License pada 31 Desember 2021. Dibuat lebih dari 20 tahun yang lalu, program Open License Microsoft dirancang untuk memberikan peluang bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk membeli beberapa lisensi perangkat lunak dengan harga volume.

Keputusan untuk menghentikan program Open License adalah bagian dari perubahan yang lebih luas dalam penjualan lisensi di Microsoft yang mereka sebut “Pengalaman Pelanggan yang Disempurnakan” Mulai 1 Januari 2022, pelanggan komersial tidak dapat lagi membeli lisensi melalui program lama.

Lisensi saat ini akan terus beroperasi secara normal, tetapi semua pembelian baru setelah berakhirnya program Open License akan berpindah ke model distribusi dan penjualan baru.

Pindah ke Penyedia Solusi Cloud

Untuk menyederhanakan opsi lisensinya, Microsoft mengarahkan UMKM untuk bermitra dengan Cloud Solution Provider (CSP) untuk pembelian pada tahun 2022 dan seterusnya. Ke depannya, mitra CSP, yang mencakup lebih dari 90.000 perusahaan yang berpartisipasi, akan memberdayakan pasar untuk lisensi bayar sekali, non-langganan, tidak kedaluwarsa, dan abadi.

Perubahan ini hanya berlaku untuk pelanggan komersial. Microsoft telah mengatakan bahwa pelanggan pemerintah, nirlaba, dan akademis saat ini tidak terpengaruh, tetapi rencana baru yang mencakup mereka akan datang.

UMKM akan menuai beberapa manfaat dari perubahan:
• Manajemen lisensi yang disederhanakan
• Akses yang lebih besar ke pelatihan dan bantuan penerapan
• Peningkatan fleksibilitas dan opsi mitra
• Biaya yang lebih dapat diprediksi

Perlu dicatat bahwa meskipun UMKM tidak akan dapat memperbarui perjanjian Open License setelah tahun 2022, setiap pembeli perjanjian Software Assurance saat ini akan terus memiliki akses ke manfaatnya hingga jangka waktu perjanjian berakhir, bahkan jika tanggal tersebut terjadi setelah pengakhiran perjanjian program Open License.

Perusahaan yang membeli token layanan online melalui program Open License masih dapat menetapkan dan menggunakannya setelah program berakhir pada tahun 2022 — kecuali jika token dibeli lebih dari lima tahun yang lalu. Setelah program Open License berhenti, langganan layanan online baru akan tetap tersedia dalam program Open Value atau dapat diperoleh melalui Cloud Solution Provider.

Bagaimana Seharusnya UMKM Mempersiapkannya?

Untuk bersiap menghadapi perubahan pada tahun 2022, UMKM harus mulai menghubungi mitra teknologi mereka saat ini untuk mendiskusikan opsi mereka. Beberapa distributor sudah memiliki akses ke kerangka kerja baru.

Pastikan Anda berhubungan dengan perusahaan yang telah menandatangani Microsoft Partner Agreement terbaru (yang menggantikan Microsoft Cloud Reseller Agreement dan Microsoft Cloud Distributor Agreement). Perjanjian baru ini membantu Microsoft memastikan semua mitranya melindungi privasi data pelanggan, menerapkan praktik terbaik keamanan terbaru, dan tetap mematuhinya.

PT Sarana Solusindo Informatika adalah Cloud Solution Provider resmi. Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut tentang perubahan pada program lisensi Microsoft.

Dapatkan diskon spesial untuk pembelian new license Microsoft 365 dan untuk migrasi dari Open License Program

Posted by / November 19, 2021
Posted in
news