Microsoft Stream, Bagikan Konten Video Informatif dan Inspiratif untuk Tim Anda

Salah satu layanan eksklusif yang tersedia bagi para pelanggan Office 365 adalah Microsoft Stream. Ini merupakan sebuah layanan yang memungkinkan pengguna membagikan video pelatihan, rekaman rapat tim, presentasi, atau pesan video, kepada pengguna lain yang memiliki akses.

Melalui Microsoft Stream, pengguna juga dapat berbagi informasi dan inspirasi dengan cara yang lebih efektif dan optimal. Ini merupakan salah satu bentuk keterlibatan pengguna dalam membangun kualitas tim kerja.

Menggunakan Microsoft Stream

Langkah pertama yang harus dilakukan supaya dapat menikmati layanan video ini adalah mengakses “Stream” pada Office 365 App Launcher. Lalu, masuklah menggunakan kredensial perusahaan. Setelah proses pendaftaran selesai, Anda dapat menikmati beberapa fitur penting di Microsoft Stream. Berikut di antaranya:

1. Membuat konten video

Untuk membuat sebuah konten video, manfaatkan tombol Upload atau seret dan lepaskan video baru di salah satu grup atau channel. Dalam waktu bersamaan, beberapa video dapat diunggah sekaligus.

Melalui Microsoft Stream, Anda juga dapat melakukan live event. Supaya para pengguna mendapatkan pemberitahuan awal tentang acara tersebut, live event dapat dijadwalkan terlebih dahulu. Fitur ini dapat digunakan apabila Anda harus membagikan sebuah acara penting melalui streaming kepada anggota tim yang tidak bisa ikut hadir.

2. Membagikan video

Fitur penting lain yang tersedia di Microsoft Stream adalah membagikan video kepada pengguna lain. Ada 4 metode yang bisa dilakukan, yaitu berbagi melalui email, melalui tautan, berdasarkan waktu spesifik, atau berbagi secara langsung melalui Yammer.

Anda juga bisa melekatkan konten video yang ada di Microsoft Stream ke website lain dengan kode khusus. Selain itu, ada pula fitur mengundang rekan kerja untuk mengakses Microsoft Stream. Mereka bukan hanya dapat menonton video, tetapi mengunggah dan membagikan video mereka sendiri.

3. Mencari video

Keunggulan Microsoft Stream adalah kehadiran fitur smart search yang membantu pengguna melakukan pencarian video secara mendalam. Dengan fitur ini, Anda bisa mengakses konten-konten yang relevan dengan cepat dan efisien.

Nikmati juga fitur deep search, yaitu penelusuran video berdasarkan transkripnya. Selain itu, ada fitur untuk mendeteksi wajah. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mencari seseorang secara spesifik di dalam sebuah video.

4. Menonton video

Pada saat menonton video di Microsoft Stream, Anda dapat melakukan aksi Playback, Like, Comment, Share, dan Watch Later. Fitur-fitur ini akan membuat pengalaman menonton video menjadi lebih nyaman.

Dengan fitur-fitur yang tersedia di Microsoft Stream. Anda dapat mengoptimalkan aktivitas kerja Anda dan berbagi informasi atau inspirasi kepada anggota tim yang memiliki akses.

Dampaknya, kinerja dan kualitas tim terdorong untuk bertumbuh lebih pesat. Perusahaan pun dapat menuai hasilnya. Dengan mempertimbangkan hal ini, keputusan untuk berlangganan paket Office 365 tentu merupakan suatu langkah yang strategis.