Pentingnya Cyber Security untuk Perusahaan Berbasis Digital

cyber security

Cyber security perlu ditingkatkan oleh perusahaan demi menjamin keamanan data. Ada beberapa manfaat penerapan cyber security seperti berikut ini.

Cyber security merupakan isu penting dalam era digital. Cyber security adalah teknologi, proses, atau praktik untuk melindungi jaringan, komputer, program, atau data dari serangan, kerusakan, maupun akses tidak sah. Disebut juga sebagai upaya melindungi informasi dari cyber attack, yaitu tindakan sengaja mengganggu kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi.

Perusahaan berbasis digital sangat dianjurkan memperhatikan cyber security atau cyber protection supaya informasi tetap aman. Informasi atau data perusahaan merupakan aset berharga yang tidak boleh jatuh ke tangan pihak lain karena dapat disalahgunakan. Jika ini sampai terjadi, perusahaan rentan mengalami masalah dan kerugian.

Jenis Serangan Cyber

Ada beberapa jenis serangan cyber yang dapat melanda bisnis pada era digital ini, yaitu:

  • Denial of Service

Ini adalah serangan yang memanipulasi sistem, jaringan, maupun aplikasi dengan tujuan memperberat kinerja dan menguras daya. Peretas pada umumnya menuntut sejumlah uang apabila perusahaan ingin terbebas dari serangan.

  • Malware dan Virus

Cyber security juga berfungsi melindungi sistem dari program jahat yang sengaja disusupkan. Virus tersebar melalui email, website mencurigakan, atau perangkat keras yang terhubung. Virus dapat merusak, menyembunyikan, atau menghapus data.

  • Botnets dan Zombie

Ini adalah serangan pada komputer yang terhubung dengan jaringan sentral. Disebut zombie karena efeknya di bawah kendali peretas. Tujuan pembuatan botnets adalah mencuri data. Lama-kelamaan, kemampuan enkripsinya makin meningkat sehingga sulit dideteksi.

  • Scareware

Ini merupakan tipuan (scam) yang digunakan penjahat cyber untuk mengecoh pengguna. Bentuknya mirip seperti pop-up peringatan dari sistem.

Manfaat Cyber Security

cyber security

Manfaat Cyber Security – Sumber Gambar: pixabay.com

Berdasarkan laporan Cybersecurity Venture pada 2017 lalu, terkuak fakta bahwa potensi kerusakan akibat serangan cyber makin banyak. Karena itu, jelas sekali cyber security atau cyber protection perlu ditingkatkan demi keamanan perusahaan.

Ada pun manfaat cyber security antara lain:

  • Menghindarkan perusahaan dari peretasan. Selain produktivitas menjadi terganggu, peretasan juga kerap berujung pada pengeluaran tambahan. Perusahaan tentu harus melakukan perbaikan jaringan dan hal ini pasti butuh biaya.
  • Memberikan jaminan perlindungan data, khususnya dari oknum yang ingin mengambil keuntungan dari data tersebut. Data itu sendiri dapat dijual atau digunakan untuk kepentingan lain yang merugikan perusahaan.
  • Menjaga reputasi perusahaan di mata publik, secara khusus pengguna jasa atau pembeli produk perusahaan tersebut. Dengan jaminan keamanan tersebut, konsumen tidak khawatir kehilangan privasi atau informasi pribadi.

Untuk itu, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah menggunakan fitur All in One Backup dari A-One Cyber Protection yang tidak hanya dapat melakukan backup, namun juga berperan sebagai antimalware melindungi data dari serangan ransomware.

Setiap perusahaan memiliki dinamika kerja yang berbeda. Anda juga bisa berkonsultasi dengan SOLUSI untuk menentukan produk backup dan antivirus mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Dengan cara modern dan praktis, perusahaan akan mendapatkan jaminan terbaik dalam hal perlindungan dan keamanan data.

Klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan info detail mengenai produk A-One Cyber Protection dan prosuct sepsialist kami akan siap membantu Anda.

A-One backup antivirus

 

Posted by / July 15, 2020
Posted in
news