Sama-Sama Layanan Berbasis Cloud, Ini Perbedaan Azure dan Microsoft 365

Pemakaian layanan berbasis cloud memberi beragam keuntungan. Beberapa keuntungan penggunaan cloud service itu di antaranya adalah biaya yang hemat, kemudahan aksesibilitas, keamanan data, dan lain sebagainya. Microsoft 365 yang dulu dikenal sebagai Office 365 dan Microsoft Azure adalah dua layanan cloud yang populer dari Microsoft. Namun, apakah Anda tahu perbedaan keduanya?

Upaya mengenali lebih lanjut tentang kedua jenis layanan cloud dari Microsoft ini sangat penting. Dengan pemahaman yang menyeluruh, Anda bisa melakukan penilaian berkaitan dengan urgensi penggunaan layanan. Selanjutnya, Anda bisa memilih untuk cukup dengan menggunakan layanan Microsoft 365 saja atau disertai dengan Microsoft Azure.

Apa Itu Microsoft 365?

Berkaitan dengan produk software dari Microsoft, Anda tentu sudah sangat familier aplikasi Microsoft Office seperti Excel, Word, PowerPoint, atau Outlook. Nah, Microsoft 365 merupakan versi online dari deretan aplikasi tersebut. Produk ini termasuk dalam kategori software as a service (SaaS) dari Microsoft.

Penggunaan Microsoft 365 sangat praktis. Anda tidak perlu melakukan pengunduhan ataupun instalasi software di dalam perangkat. Sebagai gantinya, Anda dapat mengakses aplikasi online tersebut melalui browser. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan perangkat lunak tersebut dari mana saja tanpa dibatasi pemakaian perangkat tertentu.

Cara pemakaian layanan Microsoft 365 sangat mudah. Anda tinggal memilih paket berlangganan yang ditawarkan oleh Microsoft sesuai dengan tingkat kebutuhan. Pilihan paketnya antara lain adalah Microsoft 365 Business Basic, Microsoft 365 Business Standard, atau Microsoft 365 Business Premium.

Baca juga: Microsoft 365 Versi Web dan Mobile, Apakah Berbeda?

Apa Itu Microsoft Azure?

Seperti halnya Microsoft 365, Azure merupakan layanan berbasis cloud. Hanya saja, fungsi dan kegunaannya jauh lebih banyak dibandingkan Microsoft 365. Apalagi, Azure mempunyai fitur dengan jumlah mencapai ratusan. Dengan fitur yang sangat banyak tersebut, Anda punya kebebasan dalam menggunakan layanan Azure berdasarkan tingkat kebutuhan.

promo azure

Azure Sebagai Layanan IaaS

Fungsi mendasar yang bisa Anda peroleh ketika menggunakan Azure adalah sebagai layanan infrastructure as as service (IaaS). Pemanfaatan Azure sebagai IaaS berguna untuk menggantikan keberadaan infrastruktur inhouse. Dengan begitu, Anda tak perlu membeli infrastruktur fisik seperti server ataupun mengalokasikan biaya perawatannya.

Pemanfaatan Azure sebagai solusi cloud service IaaS dapat menghemat biaya pengeluaran sektor IT perusahaan. Apalagi, bagi perusahaan rintisan (startup) atau pengusaha yang memiliki anggaran terbatas.

Azure Sebagai Produk PaaS

Perbedaan selanjutnya kalau membandingkan antara Microsoft 365 dengan Azure adalah fungsi sebagai platform as a service (PaaS). Peran Azure sebagai layanan PaaS mempunyai manfaat besar khususnya bagi perusahaan perangkat lunak. Azure menyediakan framework yang memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan dan meluncurkan perangkat lunak miliknya.

Penggunaan Azure sebagai PaaS memiliki manfaat besar dalam proses pengembangan software atau game. Anda bisa mendorong kolaborasi tim tanpa harus terhalang oleh jarak.

Azure Sebagai Produk SaaS

Seperti halnya Microsoft 365, Azure bisa pula Anda manfaatkan sebagai produk SaaS. Bahkan, Anda bisa pula mengintegrasikan layanan 365 ke Azure. Selain itu, Microsoft menyediakan pilihan layanan SaaS lainnya di platform Azure, seperti Dynamic 365 dan Power Platform.

Azure memberi kemudahan bagi Anda dalam melakukan pengujian aplikasi yang akan diluncurkan. Bahkan, Microsoft telah menyediakan berbagai fitur yang bisa membantu Anda dalam meningkatkan performa dan kualitas software.

Azure Sebagai Layanan Serverless

Terakhir, Anda dapat pula memanfaatkan cloud service Azure sebagai layanan serverless atau function as a service (FaaS). Terdapat fitur bernama Azure Function yang memungkinkan Anda memperoleh layanan ini di Azure. Fasilitas ini memberi kemudahan bagi seorang developer aplikasi untuk mengembangkan sebuah web apps dengan konfigurasi yang minimal.

Sampai di sini, Anda sudah bisa melihat perbedaan antara Microsoft 365 dan Microsoft Azure secara jelas, kan? Pemakaian layanan 365 hanya terbatas untuk beberapa aplikasi bisnis. Sementara itu, Azure memberi solusi yang fleksibel untuk beragam jenis permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan dalam upaya digitalisasi bisnis.

azure solutions

Posted by / March 29, 2021
Posted in
news