Tingkatkan Keamanan Dokumen dengan Adobe E-Sign

electronic signature

Tanda tangan adalah data yang apabila tidak dipalsukan, dapat berfungsi untuk menyatakan bahwa orang yang namanya tertera pada suatu dokumen setuju dengan apa yang tercantum pada dokumen yang ditandatanganinya.

Pada era digital seperti saat ini, surat-menyurat sudah langka dilakukan dengan tulisan tangan. Bahkan saat ini jarang menggunakan kertas yang dicetak tetapi beralih ke email. Dengan demikian tanda tangan juga serupa tidak lagi memakai analog tetapi menggunakan tanda tangan digital atau e-signature.

Tanda tangan digital atau electronic signature dapat digunakan untuk menandatangani dokumen yang mana kita tidak perlu menggunakan kertas lagi dalam membuatnya karena sudah bisa membuat dokumen legal digital. Dan e-signature ini juga bisa digunakan untuk login dan tentunya bertransaksi.

E-signature dapat memberikan jaminan yang lebih terhadap keamanan dokumen dibandingkan dengan tanda tangan biasa. Penerima pesan yang dibubuhi tanda tangan digital dapat memeriksa mengenai apakah pesan tersebut benar-benar datang dari pengirim yang benar dan apakah pesan tersebut telah diubah setelah ditanda tangani, baik secara sengaja atau tidak sengaja. Tanda tangan digital yang aman tidak dapat diingkari oleh penanda tangan di kemudian hari dengan menyatakan bahwa tanda tangan itu dipalsukan.

 

Apa Saja Keunggulan Electronic Signature?

  • Lebih Aman

Electronic signature memiliki dua kunci, yaitu public dan privat. Masing-masing kunci bekerja secara optimal sehingga menghasilkan tingkat keamanan tinggi. Ditambah dengan dukungan dari penyedia Certificate Authority (CA) sebagai alat verifikasi tambahan.

Apa itu Certificate Authority?

Setiap transaksi tanda tangan digital memerlukan kunci publik dan privat. Kunci-kunci itu harus dilindungi agar tidak merusak dokumen yang ditandatangani secara digital. Certificate Authority adalah organisasi yang dipercaya oleh industri yang diakui secara luas untuk memastikan keamanan utama dan sertifikat digital.

  • Mudah dan Cepat

Electronic signature bekerja dengan dukungan teknologi internet. Karena itu, Anda bisa membubuhkan tanda tangan digital kapan saja di mana saja selama terhubung dengan koneksi internet.

  • Meminimalisir Resiko Fraud dan Scamming

E-signature tidak hanya meminimalisir resiko dokumen rusak atau hilang. Dokumen yang ditandatangani secara digital juga lebih terjaga kerahasiaannya karena identitasnya sudah diverifikasi, serta proses pengiriman terjadi secara langsung dan privat tanpa melibatkan pihak ketiga. Hal ini akan meminimalisir resiko fraud dan scamming.

  • Sah di Mata Hukum Indonesia

Penggunaan tanda tangan elektronik sudah diakui oleh pemerintah Indonesia. Adapun dasar hukum dari tanda tangan elektronik di Indonesia adalah pertama, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan kedua, Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 Pasal 52 Ayat 1 dan 2 tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik. Kedua regulasi ini mendefinisikan apa itu tanda tangan elektronik serta syarat sahnya.

 

Amankan dokumen Anda dengan tanda tangan digital, dan sederhanakan proses tanda tangan untuk dokumen Anda dengan Electronic Signature dari Adobe. Anda selalu bisa mendapatkan keamanan dan otentikasi yang Anda butuhkan. Dengan menggunakan Adobe Sign, maka anda tidak perlu untuk mencetak dokumen, menandatangani secara manual dan memindai / scan dokumen fisik Anda.

Hubungi Hotline Service 24/7 kami di www.solusi.com untuk mendapatkan info detail mengenai Adobe E-Sign dan agent produk Adobe kami akan siap membantu Anda.

Posted by / July 3, 2020
Posted in
news