Takut Boros? Begini Tips Menghemat Biaya Cloud Hybrid

Takut Boros? Begini Tips Menghemat Biaya Cloud Hybrid

Takut Boros? Begini Tips Menghemat Biaya Cloud Hybrid

Microsoft Azure menawarkan keuntungan sistem pengelolaan data yang lebih efisien serta penghematan biaya, tetapi apakah itu sudah cukup? Azure Cloud Hybrid memang menawarkan efisiensi biaya lewat keunggulan seperti pemotongan tugas-tugas administrasi, tetapi pemilik bisnis yang baru mengadopsi sistem ini bisa jadi melewatkan berbagai trik untuk lebih menghemat uang perusahaan.

Siap untuk mengadopsi Azure? Berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk mendapat efisiensi biaya tanpa mengurangi manfaat.

Memanfaatkan Azure Hybrid Benefit

Azure Hybrid Benefit adalah paket harga ekonomis yang ditawarkan Microsoft, terutama untuk pengguna pertama. Paket harga ini cocok untuk Anda yang tidak memindahkan semua sistem sekaligus saat migrasi pertama kali. Anda bisa menghemat hingga 40 persen untuk biaya pemasangan dan pemeliharaan awal Azure Cloud Hybrid.

Pilih Jenis Pembayaran di Muka

Metode pembayaran untuk pemasangan sistem cloud hybrid bisa disesuaikan dengan kondisi perusahaan, tetapi pembayaran di muka bisa jauh lebih hemat. Hal ini karena Anda bisa memilih fitur yang paling dibutuhkan, lalu langsung membayar sesuai dengan pilihan tersebut. Jika Anda membayar seiring dengan berjalannya layanan cloud, ada kemungkinan bahwa Anda akan mengeluarkan uang lebih banyak dari yang seharusnya.

Pilih Layanan Sesuai Kebutuhan

Beberapa perusahaan mungkin hanya membutuhkan cloud sebagai tempat penyimpanan data, tetapi tidak (atau belum) terlalu membutuhkan mesin virtual. Sebelum memilih paket komputasi awan, pastikan untuk mengulas semua kebutuhan utama perusahaan, dan sesuaikan kebutuhan tersebut dengan layanan yang akan dibeli. Misalnya, jika kebutuhan cloud utama Anda adalah penyimpanan data, Azure Storage adalah pilihan tepat.

Matikan Fungsi-Fungsi yang Tidak Dibutuhkan

Ketika menjalankan Azure, ada beberapa fungsi yang mungkin mubazir untuk dinyalakan terus-menerus. Anda bisa menggunakan Azure DevTest Labs untuk memeriksa jika ada fungsi-fungsi yang bisa dimatikan saat tidak digunakan. Anda juga bisa membuat jadwal untuk mematikan fitur-fitur yang tidak digunakan saat hari kerja sudah berakhir. Gunakan fungsi shutdown schedule untuk melakukan langkah penghematan ini.

Periksa Laporan Pengeluaran secara Berkala

Memeriksa laporan keuangan Azure secara berkala bisa membantu Anda menghemat uang. Gunakan portal penagihan (billing portal) Azure untuk melihat pengeluaran rutin, lalu temukan pos-pos yang memakan biaya paling banyak. Jika Anda merasa fitur atau fungsi tersebut tidak terlalu berguna, Anda bisa mematikannya untuk menghemat banyak uang dari pemeliharaan.

Tambah Kapasitas Hanya Jika Membutuhkan

Saat menggunakan cloud, Anda mungkin membutuhkan kapasitas data yang lebih besar. Akan tetapi, tidak seperti saat menggunakan pusat data biasa, Anda bisa menambah kapasitas hanya jika memerlukannya. Hal ini sangat membantu bagi perusahaan kecil atau bisnis yang sedang berkembang.

Azure Cloud Hybrid adalah solusi positif untuk semua jenis perusahaan yang membutuhkan sistem komputasi awan serta penyimpanan data bermutu. Pastikan mencoba berbagai metode ini agar bisa menghemat anggaran di masa depan.