Tips Tingkatkan Team Collaboration Selama Work from Home

Pandemi yang melanda dunia membuat banyak hal di sekitar kita ikut berubah. Salah satunya adalah dengan munculnya tren baru yakni work from home atau yang lebih populer dengan istilah WFH. Meski banyak orang merasakan manfaatnya, kekhawatiran akan terganggunya aktivitas serta produktivitas kerja juga muncul, baik dari pemilik bisnis maupun karyawan.

Banyaknya aktivitas kerja yang dilakukan di rumah membuat frekuensi tatap muka dengan rekan dan atasan makin berkurang. Tak heran jika pada akhirnya kerja sama serta team collaboration juga ikut terganggu. Bagaimana cara mengatasinya? Simak tips mudah berikut ini!

  1. Buat Jadwal dengan Spesifik

Salah satu masalah yang kerap mengganggu team collaboration saat sedang WFH adalah jadwal. Langkah awal untuk memastikan seluruh anggota tim ada di waktu yang dibutuhkan adalah dengan menetapkan jam kerja. Jam kerja mungkin saja tidak sama lagi dengan jam operasional kantor karena berbagai alasan. Karena itu, buatlah jadwal yang spesifik dan pastikan semua anggota tim mematuhinya.

  1. Gunakan Beragam Kanal Komunikasi

Selama masa work from home, komunikasi tetaplah harus terjaga dengan baik. Sayangnya, komunikasi hanya melalui teks saja kadang bisa memberikan interpretasi berbeda kepada orang yang membacanya. Untuk meningkatkan team collaboration dan menjaga kualitasnya tetap baik, gunakan berbagai cara untuk berkomunikasi. Alih-alih hanya menggunakan teks saja, sesekali lakukan conference call bersama seluruh anggota tim, terutama untuk membahas hal-hal krusial seperti brainstorming.

  1. Pilih Aplikasi yang Tepat

Saat bekerja dari rumah, semua tugas tetap harus terkoordinasi satu sama lain. Karena itu Anda dan tim memerlukan aplikasi yang tepat untuk mengelola sekaligus menyimpan semua dokumen pekerjaan dengan aman. Salah satu aplikasi terbaik yang tersedia saat ini adalah Microsoft Intune.

Sebagai layanan berbasis cloud yang bisa meningkatkan team collaboration menjadi lebih baik, penggunaan Microsoft Intune bisa memudahkan banyak hal. Salah satunya adalah dengan tersedianya dukungan terhadap ekosistem seluler yang beragam. Anda bisa mengatur sendiri kebijakan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Microsoft Intune sejak lama telah dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki mobilitas tinggi serta aktivitas kerja dengan menggunakan perangkat berbeda. Kemampuan Microsoft Intune tidak hanya mumpuni untuk meningkatkan layanan pengguna dengan Micorosft 365 tapi juga membantu Anda meningkatkan team collaboration selama masa WFH.

Posted by / October 20, 2020
Posted in
news