4 Tren Baru dalam Manajemen Sistem Azure Cloud Hybrid

4 Tren Baru dalam Manajemen Sistem Azure Cloud Hybrid

Ketika perusahaan Anda sudah melakukan migrasi sistem ke cloud hybrid seperti Azure, bukan berarti pekerjaan selesai. Manajemen yang baik sangat penting untuk memastikan sistem tersebut berjalan dengan baik serta mampu mendukung operasi perusahaan. Sama seperti teknologi digital lainnya, sistem komputasi awan juga memiliki tren pengelolaan.

Pastikan perusahaan Anda tidak ketinggalan dalam hal pengelolaan teknologi pendukung operasi bisnis. Berikut empat tren manajemen Azure Cloud Hybrid yang harus diterapkan setiap perusahaan.

Tren Sistem Cadangan Data

Sistem cadangan data (backup) sangat penting untuk memastikan proses bisnis berjalan dengan baik. Tren baru manajemen Azure Cloud Hybrid berfokus pada dua prinsip, yaitu kemudahan serta efisiensi biaya tanpa mengurangi kinerja. Anda bisa melakukan hal-hal seperti:

  • Melakukan backup langsung ke sistem cloud. Hal ini akan mengurangi kompleksitas sistem penyimpanan data serta mengurangi biaya.
  • Memisahkan lokasi backup sesuai tingkat kepentingannya. Backup untuk operasi bisnis jangka pendek bisa disimpan di tempat (on-premise) tetapi yang untuk operasi jangka panjang bisa dipindahkan ke cloud.
  • Lakukan enkripsi pada setiap data yang di-backup di cloud, lalu gunakan pilihan penyimpanan hingga 99 tahun.

Tren Pemulihan Data

Pemulihan data setelah kejadian luar biasa (disaster recovery) harus dilakukan sedemikian rupa sehingga perusahaan bisa kembali berbisnis, tetapi dengan risiko kehilangan sesedikit mungkin. Akibatnya, biaya yang harus Anda keluarkan untuk proses ini menjadi tidak sedikit.

Azure kini menawarkan Azure Site Recovery, yaitu solusi pemulihan data langsung lewat cloud hybrid. Solusi ini cocok untuk perusahaan yang sangat bergantung pada proses otomatisasi, misalnya perbankan atau institusi keuangan.

Tren Pemanfaatan OMS

Berbagai perusahaan masih memandang Azure serta Operations Management Suite (OMS) sebagai tempat penyimpanan data, tetapi OMS memiliki lebih banyak fungsi. OMS menawarkan fungsi yang diperlukan untuk proses manajemen data serta otomatisasi berbagai fungsi. Dengan menggunakan OMS, Anda bisa melakukan berbagai tugas manajemen data secara mudah, langsung dari cloud.

OMS membantu Anda untuk menciptakan sistem pencarian data berdasarkan kata kunci atau fitur spesifik, menghidupkan sistem pemberitahuan, serta melakukan visualisasi data. Sistem ini bahkan mampu berevolusi dengan cukup cepat, dan menyesuaikan kinerjanya dengan pengembangan sistem.

Tren Remote Desktop

Remote desktop semakin menjadi kebutuhan, terutama pada era di mana berbagai proyek bisnis bisa dikerjakan oleh tim di tempat yang berbeda. Microsoft Azure memberi pilihan lebih agar Anda tidak perlu tergantung pada komputer dan laptop saat mengerjakan tugas tim. Memanfaatkan fitur remote desktop juga mendukung efisiensi waktu bagi kaum pekerja di kota besar.

Tren manajemen sistem komputasi awan ini bisa membantu Anda memanfaatkan Azure Cloud Hybrid secara lebih maksimal, agar perusahaan lebih mampu menghadapi persaingan sekaligus meningkatkan pilihan layanan.

Posted by / February 8, 2019
Posted in
news