Walkie-Talkie Microsoft Teams yang Membantu Pekerjaan Pekerja Garis Depan

Bagi pekerja garis depan, walkie-talkie sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja lain. Namun, walkie-talkie konvensional kadang kala tidak terjamin keamanannya. Orang lain yang bukan dari tim atau bahkan dari luar perusahaan dapat menyadap percakapan hanya dengan menyesuaikan gelombang yang sama pada walkie-talkie. Hal itu akan menjadi berbahaya karena orang luar bisa saja mengetahui tentang data-data perusahaan yang semestinya tidak diketahui oleh orang lain.

Berangkat dari masalah tersebut, Microsoft Teams memasukkan fitur walkie-talkie ke dalam aplikasinya. Fitur tersebut adalah fitur yang diminta oleh banyak perusahaan sehingga Microsoft meletakkannya di tengah bilah navigasi di dalam Microsoft Teams. Posisi fitur ini akan memudahkan para pekerja lini depan ketika ingin berkomunikasi dengan timnya yang lain karena harus berhadapan dengan pelanggan dan menjalankan operasional perusahaan setiap harinya.

“Tidak seperti perangkat analog dengan jaringan tidak aman, pelanggan tidak perlu lagi khawatir tentang adanya crosstalk atau orang menguping dari luar,” ucap Emma Williams, seorang wakil presiden dari Microsoft.

Microsoft Teams Walkie-Talkie memang tidak menggunakan gelombang seperti perangkat walkie-talkie pada umumnya. Fitur tersebut hanya menggunakan jaringan internet karena berada di dalam aplikasi Microsoft Teams. Fitur tersebut juga tidak memerlukan perangkat yang lain karena penggunanya bisa menggunakan fitur walkie-talkie menggunakan perangkatnya sendiri. Selain menjadi mudah, pengguna pun menjadi tidak perlu khawatir dengan adanya pendengar lain yang bukan termasuk ke dalam tim atau bahkan orang dari luar. Dengan begitu, informasi perusahaan yang tidak bisa didengar oleh orang luar menjadi berkurang bahkan bisa sampai tidak ada. 

Keberadaan fitur walkie-talkie ini memang menjadi keunikan tersendiri bagi aplikasi Microsoft Teams. Karena pada aplikasi lain, fitur walkie-talkie ini hampir tidak ada. Misalnya pada Whatsapp, Slack, dan juga Messenger. Apple memiliki aplikasi yang serupa dengan Microsoft Teams Walkie-Talkie. Apple perlu menggunakan Apple Watch dan menggunakan push-to-talk dalam panggilan Audio FaceTime. Sebenarnya, walkie-talkie yang berada di Microsoft Teams juga mengusung konsep push-to-talk seperti yang dilakukan oleh Apple. Bedanya, Microsoft Teams Walkie-Talkie digunakan pada perangkat smartphone dan berada di dalam aplikasi. 

Penggunaan konsep push-to-talk ini akan membuat koneksi walkie-talkie menjadi jernih dan instan. Pengguna menjadi lebih efisien dalam bekerja tanpa takut terjadinya misscom. Selain itu, fitur walkie-talkie ini diletakkan di tempat yang mudah dicari dan akan berdampingan dengan fitur-fitur baru yang digunakan untuk memanjemen akses bisnis yang segalanya menggunakan Microsoft Teams, termasuk SMS sign-in. Perlu diingat juga, apabila fitur walkie-talkie tersebut belum dipindahkan ke bilah navigasi, Pengguna bisa melakukannya secara manual dengan cara mengusap ke atas navigasi yang ada di bawah lalu klik Edit. Pada navigasi Edit, seret Walkie-Talkie dari Aplikasi Lainnya ke bagian atas. Karena bilah navigasi ini terbatas, akan ada kemungkinan fitur lain harus dihapus dahulu untuk menyematkan fitur walkie-talkie ini.

Posted by / February 2, 2022
Posted in
news